Penataan Ruang Ekonomi Desa Ulatan Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango

  • Irwan Wunarlan Fakultas Teknik

Abstract

Desa Ulanta merupakan daerah yang berada ditengah kota dan 81,84% kawasan desa tersebut telah ditetapkan sebagai kawasan strategis provinsi dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bone Bolango Tahun 2014-2034 yaitu Kawasan Agropolitan dan Kawasan Industri Terpadu. Kegiatan pelaksanaan tata ruang ekonomi yaitu upaya pencapaian tujuan penataan ruang ekonomi dan pengendalian pemanfaatan ruang ekonomi. Manfaat kegiatan ini adalah untuk (1) menumbuh kembangkan sikap para peserta pelatihan di lingkungan masyarakat dan mengimplemintasikan penataan ruang desa sehingga dapat mengurangi alih fungsi lahan di lingkungan tempat tinggalnya, (2) Memanfaatkan penataan ruang desa sesuai dengan arah dan kebijakan RTRW Kabupaten Bone Bolango sehingga tercipta lingkungan yang nyaman dan asri bagi masyarakat. Metode yang digunakan yaitu pelatihan penerapan ipteks dengan memberikan bekal keterampilan, dan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengolah dan memanfaatkan penataan ruang ekonomi desa sebagai ruang publik yang nyaman dan asri bagi masyarakat. Hasilnya peserta mampu menyusun draf dan memahami penyelenggaraan penataan ruang ekonomi dan telah memberikan berbagai peluang kepada masyarakat untuk ikut terlibat di dalam penataan ruang.

Keywords: Desa Ulanta, Ruang, Kawasan, Ekonomi, Masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda, N. U & Femilia, Y. (2020). Kewenangan Desa Dalam Penataan Ruang Berdasarkan Undang-Undang Desa. Adliya: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, Vol. 14, No. 1, Juni 2020.

Kartasasmita, G. (1996). Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. (Jakarta: PT. Pustaka CIDESINDO).

Simanjuntak, R, et. al. (2020). Pembangunan Rumah Generator & Turbin Pembangkit Listrik Mikrohidro Di Desa Wisata (Technopark) Desa Cimanggu, Cibungbulang, Bogor. LPM UKI.

Subagyo, A. (2017). Sinkronisasi RTRW Pembangunan Propinsi Jawa Barat dan RTRW Pertahanan Darat Kodam III/Siliwangi. Jurnal Agregasi, 4(2).

Sutaryono. (2007). Dinamika Penataan Ruang dan Peluang Otonomi Daerah. (Yogyakarta: Tugu Jogja Grafika).

Sutaryono. (2015). Berebut Desa. Opini SKH Kedaulatan Rakyat, 28 Januari 2015 (Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat).

Wirosoedarmo, R., W., J.B.R. & Widyoseno, Y. (2014). Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Berdasarkan Daya Dukung Lingkungan Berbasis Kemampuan Lahan. Agritech, 34(4), pp.463-472.

Published
2023-11-29
How to Cite
Wunarlan, I. (2023). Penataan Ruang Ekonomi Desa Ulatan Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 3(1), 30 - 37. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v3i1.78
Abstract viewed = 21 times
PDF downloaded = 15 times