Pengembangan Usaha Kelompok Pengrajin Keris Desa Aeng Tong Tong dan Desa Palongan Kabupaten Sumenep

  • Bambang Tjahjadi
  • Noorlailie Soewarno Universitas Airlangga
  • Agus Widodo Mardijuwono Universitas Airlangga

Abstract

Desa Aeng Tong Tong merupakan desa terdepan dalam pengembangan ekonomi kreatif berbasis budaya keris, diikuti oleh desa-desa lainnya, seperti Desa Palongan. Berdasarkan hal tersebut maka desa Aeng Tong Tong dan desa Palongan dijadikan sebagai sasaran program Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Program ini merupakan kelanjutan dari hasil kajian yang sebelumnya telah dilakukan oleh Pusat Tata Kelola dan Daya Saing (PTD) Universitas Airlangga bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada tahun 2017. Beberapa permasalahan dirasa cukup mengganggu kelancaran pengembangan wirausaha ekonomi kreatif berbasis budaya keris, antara lain masalah regulasi, SDM & organisasi, produksi, pemasaran dan permodalan. Dalam menangani permasalahan ini, dilakukan melalui serangkaian lokakarya dan pendampingan, serta membangun pola pikir/mindset masyarakat desa tentang usaha keris dan jasa lainnya dengan meningkatkan kerjasama dalam nilai gotong royong terutama bagaimana membangun tim super yang terdiri dari 2 (dua) desa.

Keywords: Pengembangan Usaha, Pengrajin Keris, UKM Berbasis Budaya, Desa Keris, Desa Berbasis Budaya Keris

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. (1996) Measuring brand equity across products and markets. California Management Review 38 (3): 102–120.

Anholt, Simon (2010-01-23). Places: Identity, Image and Reputation. Palgrave Macmillan. ISBN 978-0-230-23977-7.

Anholt, Simon (2007-01-23). Competitive Identity: the new brand management for nations, cities and regions. Palgrave Macmillan. ISBN 978-0-230-50028-0.

Anholt, Simon (2003). Brand New Justice: the upside of global branding (paperback ed.). Oxford: Butterworth-Heinemann. ISBN 0-7506-5699-9.

Kotler, P. Haider, D.H. & Rein, I. (1993). Marketing Places, New York: Free Press.

Lucarelli, Andrea, Per-Olof Berg. 2011. "City branding: a state-of-the-art review of the research domain", produced by Andrea, Journal of Place Management and Development, Vol. 4 Iss: 1, pp.9 – 27.

Nielsen, Poul A. 2014. "Performance Management, Managerial Authority, and Public Service Performance." Journal of Public Administration Research and Theory. 24(2):431–458.

Porter, M.E., 1980. "Competitive Strategy: Techniques for analyzing industries and competitors" New York: The Free Press. ISBN 0-684-84148-7.

Porter, Michael E. (1985). Competitive Advantage. Free Press. ISBN 0-684-84146-0.

Rahmad Yananda, Muhammad, Oktober 2016. Makalah Pelatihan & Sosialisasi Pembangunan Desa Berbasis Budaya, LKI.

UU no. 6 th 2014 tentang Desa

Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951 tentang Mengubah "Ordonnantietijdelijke Bijzondere Strafbepalingen" (Stbl. 1948 Nomor 17). Undang Republik Indonesia Dahulu Nomor 8 Tahun 1948 di pasal 2 (www.kejari- palembang.org).

Kecamatan Bluto (2013).http://kecamatanbluto.blogspot.co.id/2013/09/profil-kecamatan- bluto_8.html

Pertanian Bluto (2010). http://bppbluto.blogspot.co.id/2010/03/seputar-sumenep.html

Published
2023-07-22
How to Cite
Tjahjadi, B., Soewarno, N., & Mardijuwono, A. W. (2023). Pengembangan Usaha Kelompok Pengrajin Keris Desa Aeng Tong Tong dan Desa Palongan Kabupaten Sumenep. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 2(3), 139 - 146. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v2i3.67
Abstract viewed = 138 times
PDF downloaded = 320 times