Pengembangan SDM Dengan Berbasis Digital Guna Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Bisnis Di Era Digital Pada UMKM
Abstract
Pengembangan sumber daya manusia (SDM) di era digital merupakan strategi penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan keterampilan digital kepada pelaku UMKM di Desa Poowo Barat, guna mendorong inovasi dan meningkatkan daya saing mereka di pasar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif, dengan pelaksanaan pelatihan selama satu hari yang mencakup pengenalan aplikasi Canva, pemasaran digital, serta dasar desain produk. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa peserta mampu menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan pemasaran produk mereka, serta memperluas jangkauan pasar. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil meningkatkan pemahaman bagi para peserta tentang pentingnya inovasi dalam bisnis di era digital. Implikasi dari hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan SDM berbasis digital sangat relevan dengan teori pertumbuhan ekonomi dan kebijakan pemerintah dalam mendorong digitalisasi UMKM. Diharapkan, hasil ini bisa menjadi acuan bagi kebijakan yang mendukung peningkatan kapasitas SDM dalam menghadapi tantangan globalisasi dan teknologi informasi.
Downloads
References
Judijanto, L., Sandy, S., Yanti, D. R., Kristanti, D., & Hakim, M. Z. (2023). Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Berbasis Inovasi Teknologi Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12500-12507.
Rahmadani, A. P., Agustina, D., Khuzaimah, D., Ningsih, E. C. W., Assafillia, F., Kurniawati, K. D., ... & Jannah, Z. (2023). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan UMKM Dalam Digitalisasi Marketing. Jurnal Literasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 57-66.
Firmansyah, D., Suryana, A., & Rifa’i, A. A. (2022). PMD (Pelatihan Media Digital) sektor usaha mikro dan kecil handycraft Bambu di KAA sukabumi guna meningkatkan pemasaran online berbasis Marketplace di Era Ekonomi Digital. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(10), 2805-2816.
Kartini, T. M., Suhendra, S., Tan, E., & Sellina, S. (2024). Pelatihan Pengelolaan Sdm di Era Digital Pada Karang Taruna dan Usaha Kecil di Provinsi Jawa Barat. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 124-131.
Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi inovasi bisnis untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan organisasi di era digital. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 306-314.
Leiwakabessy, T. F., Ikbal, L., Sihasale, J. R., Risambessy, M. S., Samale, L., & Ananda, G. M. C. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Negeri Halong. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 158-163.
Suryani, S., & Rindaningsih, I. (2023). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 363-370.
Copyright (c) 2025 Valentina Monoarfa, Pratiwi Setyanti, Mohammad Akbar Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.