Pengelolaan Persediaan Melalui Pendekatan Metode FIFO Bagi UMKM

  • Nurharyati Panigoro Universitas Negeri Gorontalo
  • Hartati Tuli Universitas Negeri Gorontalo
  • Muliyani Mahmud Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari program ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan para pelaku usaha mikro mengenai pengelolaan persediaan barang dengan menerapkan metode First in First Out (Masuk Pertama Keluar Pertama) agar dapat meningkatkan pendapatan dengan meminimalisir adanya biaya persediaan yang expaired. Kegiatan dilaksanakan di Desa Botutonuo, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Manfaat kegiatan ini bagi para pelaku usaha mikro adalah mereka mendapatkan pemahaman tentang bagaimana mengelola persediaannya dengan baik sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan meminimalisir adanya biaya persediaan yang rusak atau habis masa layak pakainya. Penyajian materi diberikan oleh narasumber dari Dosen Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Gorontalo. Adapun materi yang disampaikan meliputi pentingnya mengelola persediaan, tata cara pengelolaan persediaan menggunakan metode First in First Out. Evaluasi yang dilakukan untuk mengukur tingkat capaian yaitu dengan metode diskusi dan menyelesaikan kasus. pada tahap ini dilakukan untuk mengukur pemahaman peserta pelatihan tentang materi yang telah diberikan. Berdasarkan hasil pengabdian ini diperoleh yaitu peserta sebagian besar mampu mengelola persediaan menggunakan metode First in First Out. Tindak lanjut dari hasil pengabdian ini yaitu ada kerjasama dari pihak Desa mewakili UMKM dengan Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Gorontalo untuk melakukan pendampingan bagi UMKM.

Keywords: FIFO, Pengelolaan Persediaan Barang, Usaha Mikro

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barchelino, R. (2016). Penilaian Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Surya Wenang Indah Manado. Jurnal EMBA, 4(14), 837-846.

Baridwan, Z. (2015). Intermediate Accounting (8th ed.). Yogyakarta: BPFE.

Hadi, Sugeng Nugroho & Khairawati, Salihah. (2020). Analisis Implementasi Manajemen Persediaan Bahan Baku Pada Industri Kuliner Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(2), 57-69.

Rahmawati, A., & Daeng GS, A. (2021). Implementasi Metode FIFO Dalam Perhitungan Nilai Persediaan Pada PT. X Distributor Makanan Di Jawa Timur. JAA, 6(1), 1-24.

Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi: Konsep & Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Rudiantoro, R., & Siregar, S. V. (2012). Kualitas Laporan Keuangan Umkm Serta Prospek Implementasi Sak Etap. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 9(1), 1-21. https://doi.org/10.21002/jaki.2012.01

Undang Undang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah., Pub. L. No. 20 (2008)

Published
2024-03-25
How to Cite
Panigoro, N., Tuli, H., & Mahmud, M. (2024). Pengelolaan Persediaan Melalui Pendekatan Metode FIFO Bagi UMKM . Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 3(2), 71 - 76. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v3i2.82
Abstract viewed = 29 times
PDF downloaded = 12 times