Penerapan Model Manajemen Keuangan Masjid Berbasis Pemberdayaan Ekonomi Umat

  • Muliyani Mahmud Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Pengabdian ini didasari oleh kurangnya pemahaman pengelola masjid, aparatur desa, dan Masyarakat tentang tahapan ataupun prosedur pengelolaan sumber dana yang terhimpun. Sehingga tujuan pengabdian ini untuk mengembangkan model manajemen keuangan masjid yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi umat di Desa Pentadio Barat, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Masjid sebagai pusat keagamaan dan sosial di Masyarakat memegang peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan umat. Dengan memadukan prinsip-prinsip manajemen keuangan modern dan nilai-nilai keislaman, diharapkan dapat menciptakan ekosistem ekonomi yang berkelanjutan di lingkungan masjid. Metode pengabdian ini menggunakan pendekatan partisipatif melibatkan pengurus masjid, tokoh Masyarakat, dan umat secara langsung. Implikasi hasil pengabdian ini dapat meningkatkan keberlanjutan keuangan masjid dengan diversifikasi sumber pendapatan. Keterlibatan umat dalam pengelolaan keuangan dapat menciptakan fondasi keuangan yang lebih stabil dan dapat menanggulangi fluktuasi pendapatan. Penerapan model ini meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan masjid. Melibatkan umat dalam proses pengambilan keputusan keuangan dapat menciptakan lingkungan yang lebih terbuka dan akuntabel.

Keywords: Manajemen Keuangan Masjid, Pemberdayaan Ekonomi Umat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayub, M. E. (1996). Manajemen Masjid: Petunjuk Praktis Bagi Para Pengurus, Yogyakarta: Gema Insani Press.

Aziz, M. A. (2005). “Pendekatan Sosio-Kultural dalam Pemberdayaan Masyarakat”, dalam Suhartini, dkk (ed.), Model-model Pemberdayaan Masyarakat. YogyakartaL Pustaka Pesantren.

Azwar, B. (2014). Program Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Kampar (Studi Tentang Efektifitas Bantuan Dana Bergulir Sektor Agribisnis). Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum UIN Suska Riau.

Harahap, S. (1993). Manajemen Masjid. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

Ife, Jim. (1997). Community Development, Creating Community Alternatives-Vision, Analisis and Practice. Australia: Longman.

Mustofa, B. (2007). Manajemen Masjid. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Sherraden, M. (1991). Assets and The Poor: A New American Welfare Policy. Armonk: M.E. Sharpe

Sumohadiningrat, G. (1997). Pembangunan Daerah dan Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Bina Rena Pariwara.

Published
2023-11-29
How to Cite
Mahmud, M. (2023). Penerapan Model Manajemen Keuangan Masjid Berbasis Pemberdayaan Ekonomi Umat. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 3(1), 45 - 57. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v3i1.80
Abstract viewed = 33 times
PDF downloaded = 27 times