Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Melalui Pendekatan Sistem Pelatihan dan Pendampingan Petani Lebah Madu

  • Idris Yanto Niode Universitas Negeri Gorontalo
  • Rustam Tohopi Universitas Negeri Gorontalo
  • Endi Rahman Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Tujuan dari program kegiatan ini adalah memberikan dorongan/ spirit kepada kelompok tani/ usaha lebah madu untuk meningkatkan produktifitasnya dalam rangka peningkatan ekonomi tani lebah madu dan masyarakat desa Maleo pada umumnya melalui budidaya/ ternak lebah madu. Hal ini bisa dicapai bila para petani lebah memiliki pengetahuan dan keterampilan bagaimana menghasilkan produk yang teruji kualitasnya tidak hanya hasil produksi utama yakni madu akan tetapi juga meliputi Lilin, Propolis, Royal Jelly, dan Tepung Sari/ Pollen yang juga dihasilkan dari lebah madu. Kelompok masyarakat sasaran adalah masyarakat petani yang telah memiliki usaha ternak lebah madu tetapi membutuhkan pendampingan untuk melakukan kegiatan peningkatan produksi dan pemasaran hasil produksinya. Keberadaan program ini diharapkan akan membantu kelompok tani lebah madu dengan memberikan metode pelatihan dan bimbingan teknis produksi dan pengemasan.

Keywords: Usaha Lebah Madu, Peningkatan Perekonomian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP – DAS) Bone Bolango Provinsi Gorontalo. 2012. Data Tetap (DATAP). Gorontalo.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 2016. Panduan Dan Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Revolusi Mental (KKN RM).

Pemerintah Desa Maleo. Profil Data Potensi Desa Dan Kelurahan.

Pusat Perlebahan Apiari Pramuka. Lebah Madu Cara Beternak dan Pemanfaatan. Jakarta : Penebar Swadaya, 2007.

Rusfidra, A. 2008. Tanaman Pakan Lebah Madu. http://www.bung. Di Unduh 5 Maret 2021

Samadi, Budi. 2006. Budi Daya Lebah Madu. CV. Aneka Ilmu. Demak.

Niode, Idris Yanto dan Herwin Mopangga. Manajemen Usaha : Produk Unggulan Lokal Stik Jagung Ikan. Gorontalo. Ideas Publishing. 2021.

Published
2021-11-29
How to Cite
Niode, I. Y., Tohopi, R., & Rahman, E. (2021). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Melalui Pendekatan Sistem Pelatihan dan Pendampingan Petani Lebah Madu. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 1(1), 55 - 61. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v1i1.15
Abstract viewed = 472 times
PDF downloaded = 483 times