Manajemen Keuangan Bagi Usaha Mikro

  • Zulkifli Bokiu Universitas Negeri Gorontalo
  • Mahdalena Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Desa botubarani merupakan desa yang terletak di pesisir pantai selatan Kabupaten Bonebolango, merupakan desa yang penduduknya sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan berbagai jenis usaha mikro. Pada umumnya ibu rumah tangga membantu suaminya dengan berjualan berbagai penganan. Usaha mereka jalankan dengan cara sambilan sebagai pengisi waktu luang sehingga belum di kelola dengan baik. Pelatihan manajemen keuangan ussaha mikro ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi mereka cara mengelola usaha dengan memanfaatkan sumber daya yang sangat terbatas untuk dapat memperoleh hasil yang optimal. Metode yang dijalankan adalah mengamati usaha yang dijalankan dan kemudian memberikan solusi dalam merencakan keuangan usaha untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Melakukan pendampingan cara membuat perencanaan yang baik sehingga dapat mengoptimalkan modal usaha yang tersedia, serta mengatur penggunaan modal yang berasal dari hutang jika di perlukan untuk menambah perluasan usaha.

Keywords: Manajemen, Usaha Mikro, Perencanaan, Sumberdaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanafi, Mamduh M. 2004. Manajemen Keuangan. BPFE, Yogyakarta, 2004

Hansen, R. Don dan Maryanne M. Mowen, 2007. Managerial Accounting. Edisi ke 8 Cincinnati, Ohio: South Western College Publishing.

Hansen, R. Don, Maryanne Mowen, dan Liming Guan, 2009. Cost Management, Accounting and Control. Edisi ke 6. Cincinnati, Ohio: South Western College Publishing.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management. Edisi ke 14 New Jersey: Prentice Hall

Tandelilin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, BPFE, Yogyakarta.

Published
2021-11-16
How to Cite
Bokiu, Z., & Mahdalena. (2021). Manajemen Keuangan Bagi Usaha Mikro. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 1(1), 50 - 54. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v1i1.14
Abstract viewed = 154 times
PDF downloaded = 240 times