Penentuan Harga Pokok Produk Bersama Pada Usaha Kecil Menengah

  • Ayu Wuryandini Universitas Negeri Gorontalo
  • Lukman Pakaya Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Tidak sedikit UMK yang mengetahui tentang manfaat penentuan harga pokok produk bersama menghitung alokasi biaya bersama ke tiap produk yang dihasilkan. Sehingga dalam kegiatan pengabdian ini pengabdi ingin memberikan pelatihan harga pokok produk sebagai dasar perhitungan alokasi biaya bersama ke tiap produk yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah metode nilai jual relatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pengusaha mikro kecil masih memerlukan pembinaan lebih lanjut terkait perhitungan Harga Pokok Produk bersama mengingat UMK Desa Botubarani sangat antusias dalam mengembangkan produknya lebih maju.

Keywords: Economic Entity Concept, Housewife

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyadi. 2016. Akuntansi Biaya. 5th ed. edited by U. S. YKPN. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Statistik, Badan Pusat. 2017. Potensi Usaha Mikro Kecil. Jakarta.

Suci, Yuli Rahmini, Sekolah Tinggi, and Ilmu Ekonomi. 2017. “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi 6(1):51–58.

Wulandari, Indriyani Eka, Alwan Sri Kustono, Ak Ca, and Norita Citra Yuliarti. 2016. “( Analysis Determining the Cost of Production with a Full Costing Method on Small and Medium Enterprise Tape Handayani 82 Bondowoso ).” E-Jurnal Pustaka Akuntansi.

Published
2021-11-15
How to Cite
Wuryandini, A., & Pakaya, L. (2021). Penentuan Harga Pokok Produk Bersama Pada Usaha Kecil Menengah. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 1(1), 37 - 41. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v1i1.12
Abstract viewed = 119 times
PDF downloaded = 320 times