Edukasi Literasi Keuangan Kepada Anak di TPQ At Thariq Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah pengenalan literasi keuangan sejak dini yakni kepada anak-anak usia sekolah dasar. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah agar anak-anak memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar dalam literasi keuangan individu sehingga dapat membantu mereka tumbuh sebagai generasi baru yang memiliki kecerdasan secara finansial. Metode pengabdian yang dilakukan adalah dengan ceramah dan praktek beberap simulasi kasus literasi keuangan pada peserta pengabdian. Hasil pengabdian menunjukkan 78.56% peserta pelatihan telah memiliki pemahaman diatas 80% atas keseluruhan konsep literasi keuangan anak
Downloads
References
tar Referensi
Anisa Yunita Sari and Naili Sa’ida “Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di Indonesia”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6, no.3 (Januari, 2022): 2086-2084. DOI: 10.31004/obsesi.v6i3.1369
Lisa Nurfatmawati, Sukirno Sukirno, Arief Nurrahman, and Meinarsi Meinarsi. “Implementasi Pendidikan Literasi Finansial Anak Usia Dini: Studi Kasus di Lembaga TK Kota Yogyakarta”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7, no. 5 (Oktober, 2023): 5586-5596. DOI: 10.31004/obsesi.v7i5.5199
Ratih, Inayah Swasti and Robby Reza Zulfiqri. “Peningkatan Literasi Finansial melalui Pelatihan Perencanaan Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar”. Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom. 4, no. 1 (Juni, 2024): 11-22. DOI: 10.35719/ngarsa.v4i1.443
Tim Penyusun. Pendidikan Literasi Finansial: Panduan Implementasi untuk Satuan Pendidikan dan Pemangku Kepentingan . Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSAKP), 2024.
Vici Handalusia Husni, Emi Salmah, Satarudin, Nadia Nuril Ferdaus, Arifal Khairunnas, Salshabila Rizkika Arindi, Baiq Putri Eliza Salsabilla. “Literasi Keuangan untuk Anak-anak sia 6-15 tahun: Kenali dan Bijak dengan Uangmu”. Jurnal Abdi Anjani. 2, no. 1 (Juni, 2024): 129-133. DOI : 10.29303/anjani.v2i1.1152
Copyright (c) 2025 Yayu Isyana Pongoliu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.