Peningkatan Kesadaran Berzakat, Infaq dan Bersedakah Bagi Masyarakat Melalui KKN Tematik Desa Membangun

  • Niswatin Universitas Negeri Gorontalo
  • Heldy Vanni Alam Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya pada kelompok Usaha Kecil Menengah tentang zakat. Pelaksanaan kegiatannya meliputi sosialisasi, pengumpulan dan pendistribusian tentang zakat. Program KKN pengabdian ini menawarkan program peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang berada Kab. Boalemo. Tahapan kegiatan yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi tentang zakat pada Usaha Kecil Menengah yang berada di Desa Limbato dan Desa Piloliyanga. Selanjutnya melakukan pendistribusian zakat melalui program-program pendistribusian/penyaluran yang berada di Baznas. Hasil pelaksanaan kegiatan KKNT pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat. Mengingat pada umumnya masyarakat memanfaatkan zakat dalam peningkatkan potensi ekonomi.

Keywords: Fiqih Zakat, Badan Amil Zakat, Zakat Maal, Usaha Kecil Menengah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Widodo, Nova Maulud, Sundaru Guntur Wibowo, and Yana Dwi Christanti. 2020. "Perspektif Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah Menurut Pandangan Hukum Dan Syariah (Studi Kasus pada UKM Desa Banjarejo Panekan Magetan)." Monex: Journal of Accounting Research-Politeknik Harapan Bersama Tegal 9.1 : 62-69.

Ginting, BR, & Sri Wahyuni. 2020. Pengaruh Pemahaman Akuntansi Zakat Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Kesadaran Membayar Zakat Pada Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Muslim Di Kota Medan.

Aini, Nur, and Abdillah Mundir. 2020. "Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Pelaku UKM di BAZNAS Kabupaten Boalemo." MALIA: Jurnal Ekonomi Islam 12.1 : 95-108.

Rohman, Fatchur, Aan Zainul Anwar, and Subadriyah Subadriyah. 2017. "Analisa Potensi Zakat UKM Mebel Melalui BAZNAS untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Jepara." Perisai: Islamic Banking and Finance Journal 1.3 : 200-214.

Tanjung, Dewi Sundari. 2019. "Pengaruh Zakat Produktif Baznas Kota Medan Terhadap Pertumbuhan Usaha Dan Kesejahteraan Mustahik Di Kecamatan Medan Timur." At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam 4.2 : 349-370.

Published
2021-11-15
How to Cite
Niswatin, & Alam, H. V. (2021). Peningkatan Kesadaran Berzakat, Infaq dan Bersedakah Bagi Masyarakat Melalui KKN Tematik Desa Membangun. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 1(1), 27 - 36. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v1i1.11
Abstract viewed = 130 times
PDF downloaded = 177 times