Strategi Pemasaran Digital dan Pengembangan Produk Hand Sanitizer Berbahan Dasar Alami
Abstract
BioMan Sanitizer merupakan produk inovatif berbahan dasar alami yang diformulasikan dari ekstrak daun sirih (Piper betle) dan jeruk nipis (Citrus aurantiifolia). Produk ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar akan hand sanitizer yang aman dan efektif. Dalam proses pembuatan produk, kegiatan dilakukan secara langsung di hadapan masyarakat sebagai bagian dari pengabdian masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran digital yang efektif dengan menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dan analisis lingkungan internal-eksternal. QFD digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi konsumen serta menerjemahkannya ke dalam strategi pemasaran digital yang sesuai. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder dengan metode komparatif, yaitu menilai faktor internal dan eksternal tanpa melakukan eksperimen langsung. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kekuatan dan kelemahan merupakan faktor internal yang memengaruhi potensi penjualan produk, sementara peluang dan ancaman berasal dari lingkungan eksternal. Beberapa alternatif strategi pemasaran digital yang diusulkan meliputi optimalisasi promosi melalui media sosial, peningkatan diferensiasi produk, serta penjualan di berbagai platform e-commerce. Strategi-strategi tersebut diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan penjualan, dan membantu masyarakat menghadapi perubahan pasar dengan lebih adaptif.
Downloads
References
Arjuna, S., Zarkasih, A., Nasution, S. L., Siregar, M. R., & Munthe, R. S. (2022). Strategi pemasaran produk di era digital pada UMKM. 3(2), 159-164.
Hairiyah, N., Kiptiah, M., & Fituwana, B. K. (2021). Penerapan Quality Function Deployment (QFD) untuk peningkatan kinerja industri amplang berdasarkan kepuasan pelanggan. Agrointek, 15(4), 1099-1113.
Irawan, D., Triana, N., Suwarni, L., & Selviana. (2020). Edukasi protokol kesehatan dan strategi pemasaran online melalui program kemitraan masyarakat di era pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(4), 655-662. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
Sarsanto, B. W. (2021). Panic buying, bauran pemasaran, citra merek, dan keputusan pembelian produk. Jurnal Magister Manajemen, 18(2), 182-195. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Jannatin, R. N., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Implementation and Action, 2(2).
Satrio, D., & Ermawati, N. (2020). Formulasi strategi pemasaran produk Maria (Curcuma zedoria) hand sanitizer di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Riset Bisnis, 4(1), 49-57.
Sono, M. G., Erwin, E., & Muhtadi, M. A. (2023). Strategi pemasaran digital dalam mendorong keberhasilan wirausaha di era digital. Journal of Economics Knowledge and Wisdom, 1(4), 312-324. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jekws/article/view/712/643
Sundari, S., & Lestari, H. D. (2022). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. Jurnal Wikuacitya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 94-106. https://wikuacitya.unwiku.ac.id/
Khairani, A., Andini, Y. B., Fedia, V., Putri, N. O., Norfaizah, & Putra, R. B. (2022). Penerapan digital marketing dan influencer endorsement saat pandemi Covid-19 pada agen frozen food (Studi kasus UMKM Wins Food Kebab Padang). Research & Learning in Primary Education, 2(1). https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/192/191
Lukman, M., & Wulandari, W. (2018). Peningkatan kualitas produk cokelat dengan integrasi metode Kano dan QFD. Jurnal Teknik Industri, 19(2), 190-204. https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol19.No2.190-204
Copyright (c) 2024 Valentina Monoarfa, Aulia Mbuinga, Magfirah F. Mantali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.