Pemanfaatan Media Sosial & E-Commerce Guna Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pada Masa Pandemi

  • Muliyani Mahmud Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak besar pada keberlangsungan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dampak yang terjadi ini antara lain penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat. Demi meningkatkan daya juang UMKM di masa pandemi Covid-19 maka pemerintah tak henti-hentinya mendorong program digitalisasi UMKM untuk mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia. Pelaku UMKM melakukan perubahan orientasi pemasaran akibat pandemi, misalnya pemasaran melalui Media Sosial. banyak pelaku UMKM yang beralih ke perdagangan elektronik (e-commerce) untuk meningkatkan penjualan. Ini tidak berlaku pada UMKM di Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, karena masih banyak yang belum memanfaatkan pemasaran produk melalui media sosial ataupun e-commerce. hal ini disebabkan kurangnya edukasi dan pemahaman mereka yang cenderung rendah dalam menggunakan teknologi. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi pemanfaatan media sosial dan e-commerce bagi UMKM di Desa Huangobotu. Dengan kegiatan ini diharapkan UMKM di Desa Huangobotu dapat lebih memaksimalkan penggunaan media sosial dan e-commerce untuk meningkatkan penjualan produknya. Selain itu untuk memperkenalkan UMKM kepada masyarakat luas agar mendapatkan potensi pasar yang lebih luas. Hasil dari kegiatan ini adalah pelaku UMKM Desa Huangobotu mendapatkan pemahaman dan pengalaman baru memasarkan produk menggunakan media sosial dan e-commerce.

Keywords: UMKM, Media Sosial, E-Commerce, Peningkatan Penjualan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyanto, Arif. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Skripsi, (Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018).

Dwijayanti, Andina dan Puji Pramesti. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ikaith Abdimas, Vol 4 No 2, Juli 2021.

Harto, D., Pratiwi, S.R., Utomo, M.N., Rahmawati M. (2019). Penerapan Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan pada UMKM. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. vol 3 no 1, hal 39-45

Helmalia dan Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Vol 3 no 2 (Juli 2018): (237- 246) DOI: http://dx.doi.org/10.15548/jebi. v3i2.182

Munajat, Enjat, et. al. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. No 10 (Oktober, 2018): 896-899.

Nainggolan, E. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit, https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi IndonesiaTerungkit.html

Rining, Ertien Nawangsari & Arimurti Kriswibowo, ed. (2020). Potret Masyarakat dan Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Tantangan Pandemi COVID-19. (Surabaya: Program Studi Ilmu Administrasi Negara, UPN ‘Veteran’ Jawa Timur, 2020).

Saputra, D. (2021) Survey BI: 87,5 Persen UMKM Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19, https://ekonomi.bisnis.com/read/20210319/9/1370022/survei-bi-875-peren-umkm indonesiaterdampak-pandemi-covid-19

Situmorang, Anggun P. (2020). Sri Mulyani: Corona Beri 3 Dampak Besar Ekonomi Indonesia”, Liputan6.com, Juni 30, 2020. https://m.liputan6.com/bisnis/read/42 92763/sri-mulyani- corona-beri-3- dampak-besar-ke-ekonomi-indonesia.

Winarti, Cici. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19.

Wahyuni, Nuraida, Ade Irma Saeful Mutaqin, & Akbar Gunawan. (2019). Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, Vol 6, No 1, 2019.

Wulandari, Oryz Agnu Dian, Ujiani, & Nita Riskiana Putri. (2020). Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Meningkatkan Pendapatan bagi Penjualan Produk UMKM di Purbalingga. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol 6 no 2, November 2020.

Yunita Purnamasari, Ari Pradhanawati, Wahyu Hidayat. (2015). Analisis peluang E - Commerce Dalam Pengembangan Usaha Mikro Dan Menengah Produk Batik” (Studi Kasus pada Usaha Batik di Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol. 4 no. 4 (September, 2015): 45.

Published
2022-11-24
How to Cite
Mahmud, M. (2022). Pemanfaatan Media Sosial & E-Commerce Guna Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pada Masa Pandemi. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 2(1), 20 - 28. Retrieved from https://mopolayio.fe.ung.ac.id/index.php/mopolayio/article/view/43
Abstract viewed = 1467 times
PDF downloaded = 1877 times