Literasi dan Pengelolaan Keuangan Untuk Peningkatan Pendapatan Kemandirian Masyarakat

  • Zulkifli Bokiu Universitas Negeri Gorontalo
  • Mahdalena Mahdalena Universitas Negeri Gorontalo
  • Amir Lukum Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Desa Botutonuo yang terletak di Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango memiliki kekayaan sumber daya alam laut dan pertanian yang melimpah. Besarnya kekayaan alam yang dimiliki berpotensi besar dalam meningkatkan pendapatan masyarakat melalui bidang usaha yang digeluti dari budidaya pertanian, peternakan, perdagangan dan pengelolaan pariwisata pantai Botutonuo. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya laporan keuangan setiap usaha mikro kecil menengah dan bagaimana penyusunan laporan keuangan sebagai informasi tentang hasil usaha yang diperoleh. Metode yang digunakan adalah sosialisasi pentingnya laporan keuangan dan pelatihan penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil menengah. Program ini menghasilkan tercapainya pemahaman dan keterampilan dalam membuat pencatatan dan laporan keuangan, serta menciptakan kemandirian masyarakat dalam meningkatkan usaha. Kemampuan dalam menyusun laporan keuangan sebagai alat evaluasi kegiatan usaha pada jangka waktu tertentu. Pengabdian ini masih dalam bentuk penyusunan laporan keuangan yang sangat sederhana karena latar belakang pendidikan dari pelaku usaha yang kurang terkait dengan pengelolaan keuangan. Untuk menjaga keberlanjutan dari kegiatan ini pemerintah desa perlu terus melalukan pembinaan pengelolan keuangan bagi usaha mikro kecil.

Keywords: Sosialisasi, Pengelolaan Keuangan, Pelatihan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreani, S. N., Marliana, T., & Suwarno. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM Berdasarkan SAK EMKM Studi Kasus Pada Pabrik Tempe Kasmono. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan. Vol. 1 No. 2 2021. Page 253-270. ISSN 2807-6036. DOI: 10.37641/jabkes.vli2.1324

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. http://iaiglobal.or.id/v03/files/file_sak/emkm.

Isnawan, G. (2012). Akuntansi Praktis Untuk UMKM. Jakarta: Laskar Aksara.

Muchid, A. (2015). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan-Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) (Kasus pada UD. Mebel 31 DESel’l di Banyuwangi).

Narsa, I. M., Widodo, A., & Kurnianto, S. (2012). Mengungkap Kesiapan UMKM Dalam Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (PSAK- ETAP) Untuk Meningkatkan Akses Modal Perbankan. Jurnal Ekonomi & Bisnis Airlangga (JEBA). Volume 22 Nomor. 3.

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas ASEAN. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.

Warsadi, K. A., Herawati, N. T., Ak, S. E., & Julianto, I. P. (2018). Penerapan penyusunan laporan keuangan pada usaha kecil menengah berbasis standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah pada PT. mama jaya. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).

Yuliarni, P. R., Nurfitriana, N. & Efrianti, D. (2018). Analisis Penerapan PSAK No. 18 Pada Laporan Keuangan PT. Bank BNI (Persero). Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 6(3), pp.187-194.

Published
2023-11-29
How to Cite
Bokiu, Z., Mahdalena, M., & Lukum, A. (2023). Literasi dan Pengelolaan Keuangan Untuk Peningkatan Pendapatan Kemandirian Masyarakat. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 3(1), 1 - 9. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v3i1.73
Abstract viewed = 35 times
PDF downloaded = 48 times