Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga Berbasis Green Economy pada Masyarakat Pertambangan Rakyat di Desa Tulabolo Barat

  • Yayu Isyana Pongoliu
  • Nilawaty Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Irwan Wunarlan Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Konsep green economy merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh masyarakat kawasan pertambangan Hal ini dikarenakan kegiatan pertambangan yang tidak berbasis lingkungan akan menyebabkan kerusakan lingkungan yang berakibat hilangnya sumber pendapatan ekonomi masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk memberikan pengetahuan bagaimana melakukan perencanaan keuangan berbasis green economy. Pengetahuan tentang perencanaan keuangan yang tepat yang berbasis green economy akan akan membantu keluarga mencapai tujuan finansial yang baik serta memiliki dampak positif bagi lingkungan. Metode pengabdian yang digunakan adalah ceramah dan diskusi Hasil pengabdian yang dilakukan pada peserta pelatihan menunjukkan telah ada peningkatan pengetahuan peserta pelatihan tentang konsep perencanaan keuangan berbasis green economy. Hal ini diharapkan pada jangka panjang untuk keberlangsungan lingkungan yang tetap terjaga.

Keywords: Pengelolaan Keuangan Keluarga, Green Economy, Masyarakat, Pertambangan Rakyat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianingsih, A., & Feby M. (2021). Edukasi Ekonomi Hijau dalam Menumbuhkan Semangat “Green Entrepreneurship. Pena Abdimas. Edisi Khusus ke-40.

Organisasi Perburuhan Internasional. (2011). “Pendidikan Keuangan Untuk Keluarga”. Proyek Pendidikan Keuangan Bagi Orang Miskin.

Rahmayani, Dwi et al. (2022). Peningkatan Kapabilitas Green Economy dalam Pengembangan Desa Wisata sebagai Upaya Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Kumawula. Vol 5 no 1.

Wiyekti, Ndari. (2021). Transisi menuju Ekonomi Hijau, Berkaitan dengan Kualitas Lingkungan Era Desentralisasi di Indonesia. Jurnal Imliah Komputasi dan Statistika. Vol 1 No 1.

Zami, Alex et al. (2022). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Green Economy: Pemberdayaan Masyarakat Bangkit Dari Covid 19 Melalui Kewirausahaan Dan Green Economy. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI.

Published
2023-07-22
How to Cite
Pongoliu, Y. I., Yusuf, N., & Wunarlan, I. (2023). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga Berbasis Green Economy pada Masyarakat Pertambangan Rakyat di Desa Tulabolo Barat. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 2(3), 147 - 151. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v2i3.68
Abstract viewed = 48 times
PDF downloaded = 43 times