Pelatihan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Menjadi Kap Lampu Hias

  • Irwan Wunarlan Universitas Negeri Gorontalo
  • Nilawaty Yusuf Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Limbah botol plastik masih dianggap sebagai sampah yang kurang bermanfaat. Padahal limbah botol plastik dapat dimanfaatkan menjadi beraneka ragam bentuk barang yang berguna sehingga mempercantik ruang atau si pemakainya. Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi limbah botol plastik adalah melakukan daur ulang limbah tersebut dengan membuat berbagai produk kap lampu hias. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Mewujudkan dan terciptanya keberhasilan dalam proses pelatihan pembuatan kap lampu hias berbahan limbah plastik bagi ibu rumah tangga dan pemuda karang taruna di Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa, (2) Membentuk watak, kecakapan, kemampuan dan mengembangkan potensi ibu rumah tangga dan pemuda karang taruna di Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan penerapan Ipteks dalam bentuk ceramah.  Kegiatan ini memberikan bekal keterampilan, ilmu pengetahuan dan wawasan wirausaha kreatif. Berdasarkan hasil dengan mengamati produk yang telah dihasilkan dan tumbuhnya motivasi dan jiwa wirausaha kreatif dari peserta pelatihan Hal ini dibuktikan dengan berbagai macam pertanyaan yang diajukan serta keberhasilan membuat produk bernilai ekonomi dalam hal ini adalah kap lampu hias.

Keywords: Limbah plastik, Daur Ulang, Kap Lampu Hias

Downloads

Download data is not yet available.

References

Doriza, S dan Putri, V.U.G., (2017). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Melalui Pelatihan Wirausaha Produk Aksesoris Bagi Ibu Rumah Tangga. Jurnal Sarwahita. Vol. 7 No. 2. UNJ. Jakarta.

Fatoni, N., Rinaldy, I.L dan Darmawan, A.R., (2017). Pendayagunaan Sampah Menjadi Produk Kerajinan. Dimas. Vol. 17 No. 1. UIN Walisongo. Semarang.

Mayasari, D.M., Prasetyo, Y dan Kurniawan, A., (2017). Metode Konversi Sampah Plastik Berupa Botol Plastik Bekas Melalui Budidaya Toga Dengan Sistem Vertikultur Yang Ramah Lingkungan. Gontor AGROTECH Science Journal.

Lesmana, D., (2006). Potensi Reduksi Sampah Di Kompleks Perumahan BBS Kelurahan Ciwedus Kota Cilegon Banten. Teknik Lingkungan. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Sahwan, F.L, Martono, D.H, Wahyono, S dan Wiyosodharmo, L.A,. (2005). Sistem Pengolahan Limbah Plastik di Indonesia. P3TL-BPPT. Serpong.

Sofiana, Y., (2010). Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Alternatif Bahan Pelapis (Upholstery) Pada Produk Interior. Humaniora. Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Suartika, I, Wijana, M dan Sudrajadinata, M., (2015). Kajian Tekno Ekonomi Unit Alat Pencacah Plastik Untuk Meningkatkan Nilai Jual Sampah Plastik: Studi Kasus-Ud. Sari Plastik Lombok Timur, NTB. Dinamika Teknik Mesin. Universitas Mataram.

Sutikno dan Habiba, N.A,. (2016). Pemanfaatan Bijih Plastik Botol Bekas Kemasan Minuman Untuk Bahan Baku Pembuatan Lakop. FMIPA. Universitas Negeri Semarang.

Utiarahman, A., (2009). Analisa Ketersediaan Armada Pengangkutan Persampahan Di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Teknik. Universitas Negeri Gorontalo.

Published
2021-11-29
How to Cite
Wunarlan, I., & Yusuf, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Menjadi Kap Lampu Hias. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 1(1), 67 - 78. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v1i1.17
Abstract viewed = 789 times
PDF downloaded = 1686 times